Tuesday, October 31, 2017

Source Kode Caesar Cipher menggunakan PHP

Setelah sebelumnya atbash cipher, kali ini Saya akan bagikan source kode dari implementasi caesar cipher menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebelum itu berikut merupakan sedikit ulasan tentang caesar cipher. Aplikasi ini dapat kalian pakai untuk meng-enkripsi dan juga men-dekripsi sebuah teks.

Caesar cipher merupakan salah satu jenis cipher substitusi yang membentuk cipher dengan cara melakukan penukaran karakter pada plainteks menjadi tepat satu karakter pada chiperteks. Teknik seperti ini disebut juga sebagai chiper abjad tunggal. Algoritma kriptografi Caesar Cipher sangat mudah untuk digunakan. Inti dari algoritma kriptografi ini adalah melakukan pergeseran terhadap semua karakter pada plainteks dengan nilai pergeseran yang sama.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk membentuk chiperteks dengan Caesar Cipher adalah :
1. Menentukan besarnya pergeseran karakter yang digunakan dalam membentuk cipherteks ke plainteks.
2. Menukarkan karakter pada plainteks menjadi cipherteks dengan berdasarkan pada pergeseran yang telah ditentukan sebelumnya.

Dilihat dari keterangan diatas, maka :
Berikut adalah contoh penggunaan Caesar Cipher dengan besar pergeseran sebesar 3 karakter. Dengan nilai pergeseran tersebut, didapat tabel pergeseran nilai Caesar Cipher sebagai berikut :
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z (PlainText)
D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C (CipherText) 

Screenshot Program :

Source Kode Caesar Cipher menggunakan PHP

Link download :
Download via Google Drive [41MB]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Source Kode Caesar Cipher menggunakan PHP

0 comments:

Post a Comment